Tuesday, July 27, 2010

sekilas tentang Tyranosaurus Rex a.k.a T.Rex!!

Quote:
ini adalah klasifikasi ilmiah dari T.Rex
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
(tidak termasuk) Coelurosauria
Superfamili: Tyrannosauroidea
Famili: Tyrannosauridae
Upafamili: Tyrannosaurinae
Genus: Tyrannosaurus
Osborn, 1905
Spesies

* T. rex (tipe)
Osborn, 1905
Quote:
Tyrannosaurus rex adalah salah satu dari karnivora darat terbesar sepanjang masa; yang terbesar spesimen lengkap, FMNH PR2081 ( “Sue”), diukur 12,8 meter (42 kaki) panjang, dan 4,0 meter (13 kaki) di pinggul.
Spoiler for sue:
.
Quote:
Leher Tyrannosaurus rex membentuk alam kurva berbentuk S seperti yang theropoda lain, tapi pendek dan berotot untuk mendukung kepala besar. Para forelimbs hanya memiliki dua jari mencakar, bersama dengan tambahan metakarpal kecil yang mewakili sisa-sisa digit ketiga. Sebaliknya, anggota tubuh belakang termasuk yang terpanjang dalam proporsi untuk ukuran tubuh theropoda apapun. Ekor itu berat dan panjang, kadang-kadang berisi lebih dari empat puluh tulang belakang, dalam rangka untuk menyeimbangkan kepala besar dan dada. Untuk mengkompensasi sebagian besar hewan, banyak tulang di seluruh kerangka cekung, mengurangi berat badan tanpa kehilangan kekuatan yang signifikan.
Quote:
Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbaring. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. Tengkorak tyrannosaurus sendiri panjangnya kurang lebih 1,5 meter (sekitar 5 kaki). Rahangnya memiliki gigi yang amat besar sepanjang kurang lebih 15 cm (terbesar). Panjang tubuh monster ini kemungkinan sekitar 12-13 meter.T-rex dapat berlari hingga 70 km/jam,letak matanya pada kepalanya mirip dengan serigala.
Quote:
Jaringan Lunak
Dalam penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Science pada April 2007, Asara dan koleganya menyimpulkan bahwa tujuh jejak protein kolagen dimurnikan terdeteksi dalam tulang Tyrannosaurus rex sesuai dengan yang paling dekat dilaporkan pada ayam, diikuti dengan katak dan newts. Penelitian pada bulan April 2008 menegaskan hubungan dekat Tyrannosaurus rex burung modern. Postdoctoral Chris Organ peneliti biologi di Harvard University mengumumkan, “Dengan lebih banyak data, mereka mungkin akan mampu menempatkan T-rex di pohon evolusi antara buaya dan ayam dan burung unta.” Co-author John M. Asara menambahkan, “Kami juga menunjukkan bahwa kelompok-kelompok yang lebih baik dengan burung-burung daripada reptil modern, seperti buaya dan kadal anole hijau.”
Quote:
Perilaku
Tyrannosaurus kemungkinan berperilaku sama seperti buaya dan dan reptil modern lainnya, hal ini diketahui dari bentuk otak mereka yang amat mirip dengan buaya dan aligator. Dalam catatan fosilnya juga ditemukan sedikit bukti perilaku sosial.

Sejak pertama ditemukan T-rex menjadi amat terkenal. Salah satu kemunculannya yang paling terkenal adalah dalam film Jurassic Park. Mereka juga dimunculkan dalam serial dokumenter seperti serial ‘walking with’ dan juga game serta buku.

No comments:

Post a Comment