Sunday, July 25, 2010

10 negara termuskin didunia tahun 2010

Definisi pendapatan nasional ialah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
Data didapat dari CIA World Factbook, berikut ini boleh dikatakan 10 negara termiskin di dunia 2010 jika pendapatan nasional negara tersebut diukur berdasarkan konsep Gross Domestic Product (GDP) per kapita.
Spoiler for miris gan:

Gizi buruk, pemandangan yang lazim ditemui di negara-negara miskin

Berikut daftarnya :

Kita itung mundur yah gan...

Spoiler for urutan ke-10:
MOZAMBIK - $900 GDP per Kapita

Tiga orang pria membawa kambing dari sungai Zambesi, sebelah kirinya adalah rongsokan truk tentara

Republik Mozambik adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan.
Menurut data IMF, antara tahun 1994-2006, rata-rata pertumbuhan GDP tahunan negara ini sekitar 8%. Kondisi perekonomian negara ini diperparah dengan berabagai macam problematika hidup penduduknya seperti pecahnya perang saudara hingga gizi buruk yang banyak menimpa anak-anak

Spoiler for urutan ke-9:
AFGHANISTAN - $800 GDP per Kapita

Kabul, Ibukota Afghanistan

Afghanistan ialah sebuah negara yang relatif miskin, sangat bergantung pada pertanian dan peternakan.Lebih dari 70% penduduknya hidup dengan kurang dari $2/harinya. Perekonomian Afghanistan yang porak-poranda oleh perang tetap bergantung pada poppy. Negara ini ialah penghasil opium (karet kering yang disarikan dari sari biji poppy) terkemuka di dunia. Opium merupakan bahan dasar pembuatan heroin.


Anak kecil di Rumah Sakit Palang Merah di Kabul, terluka dan diamputasi karena melewati ladang ranjau darat saat berusaha pulang ke rumahnya untuk membawa makanan bagi ibu dan adik-adiknya

Spoiler for urutan ke-8:
REPUBLIK AFRIKA TENGAH - $700 GDP per Kapita

Pemberontak di Republik Afrika Tengah

Di negara yang beribu kota di Bangui ini kesejahteraan penduduk sepenuhnya bergantung pada bantuan luar negeri dan berbagai organisasi nirlaba.
Banyaknya pemilik lahan yang menjual hasil panennya ke luar negeri menjadi salah satu faktor mengapa negara ini kekurangan pangan. Di tahun 2006, ketika terjadi pemberontakan hebat di negeri ini, sekitar 5000 orang mati kelaparan.

Spoiler for urutan ke-7:
ERITREA $700 GDP per Kapita

Anak perempuan mengumpulkan lumpur di sungai Cacheu

Lokasi Eritrea memberinya keuntungan mengendalikan rute laut melalui Terusan Suez. Inilah sebabnya mengapa Italia mendirikan koloninya hanya setahun setelah pembukaan kanal pada tahun 1869 dan mengapa Inggris menaklukkannya pada tahun 1941. Eritrea ialah negara yang dituduh oleh Amerika Serikat karena diduga memiliki hubungan dengan teroris. Pada tahun 2009 Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, menuduh Eritrea memasok senjata kepada kelompok militan al-Shabab Somalia yang diyakini memiliki hubungan dengan Al Qaeda.
Sebagai tambahan informasi, di negara ini hanya memiliki 824 sekolah dan 2 universitas.

Spoiler for urutan ke-6:
]NIGER $700 per Kapita

Truk Di Niger yang dinaiki para Imigran Gelap

Di negara yang beribu kota di Niamey ini lebih dari 80% lanskapnya tertutup oleh luasnya gurun sahara. Sementara di sekitar sungai Niger, savana banyak dijumpai. Lebih dari 5000 tahun yang lalu lahan tersebut sebenarnya ditutupi dengan padang rumput subur. Namun perubahan telah terjadi di 2000 tahun terakhir.

Luas negara ini dua kali ukuran Prancis, namun dari 10.000 km panjang jalan raya yang dimiliki, kurang dari 800 km yang diaspal. Niger adalah eksportir terbesar uranium. Sama seperti negara-negara miskin lainnya, hanya sekitar 1 dari 4 orang yang pernah bersekolah. Angkatan bersenjata Niger juga sangat minim, dimana negara ini hanya memiliki sekitar 12.000 tentara dan 4 pesawat terbang!

Spoiler for urutan ke-5:
GUINEA BISSAU $600 GDP per kapita

Mereka harus tinggal di tenda-tenda sesak dan pondok-pondok darurat

Sebagai salah satu negara dengan GDP per kapita terendah, lebih dari dua-pertiga dari penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.
Mulai sekitar 2005, para pengedar narkoba yang berbasis di Amerika Latin mulai menggunakan Guinea-Bissau, bersama dengan beberapa negara tetangga Afrika Barat, sebagai titik transshipment ke Eropa untuk pengedaran kokain.

Spoiler for urutan ke-4:
SOMALIA $600 GDP per Kapita

Salah seorang militan membawa senapan

Dalam beberapa tahun terakhir orang-orang miskin di Somalia telah menemukan cara baru untuk mendapatkan uang. Hal tersebut tak lain dengan cara pembajakan kapal internasional dan mengambil kru dan kargo sebagai sandera. Pembajakan di Somalia telah menjadi begitu umum. Ketika anak-anak muda tumbuh dewasa mereka ingin menjadi bajak laut karena di situlah uang berada. Perusahaan internasional diwajibkan membayar uang tebusan kepada bajak laut antara 1-20 juta dolar hanya untuk mendapatkan kapal kembali. Bahkan tebusan untuk sebuah kapal tanker yang mengangkut minyak dapat senilai seratus juta dolar.


16 Juta orang di Afrika timur membutuhkan bantuan pangan karena terancam kelaparan parah - Menurut laporan FAO di Sub Sahara

Spoiler for urutan ke-3:
LIBERIA $500 DGP per Kapita

Gambar jalanan, Monrovia-Liberia

Liberia adalah salah satu dari sedikit negara di Afrika yang belum dijajah oleh bangsa Eropa. Sebaliknya, Liberia didirikan dan dijajah oleh para budak yang melarikan diri dari Amerika.
Statistik menunjukkan bahwa sekitar 90% dari penduduk hidup di bawah $ 1,25 /hari. Sebagai salah satu dari 3 negara termiskin di dunia, Liberia memiliki tingkat pengangguran mencapai 85%.

Spoiler for urutan ke-2:
BURUNDI $300 GDP per Kapita

Perempuan Batwa dan anaknya di Mirombero Colline di Provinsi Burundian di Bubanza, utara Bujumbura

Perang antar suku menjadi pemandangan yang selalu dapat dijumpai di sini. Persentase yang tinggi dari HIV dan AIDS adalah semua hal yang dikenal mengenai Burundi.

Sekitar 80% dari penduduknya hidup dalam garis kemiskinan dan menurut Program Pangan Dunia dan penduduk Burundi memiliki kepuasan hidup terendah di dunia dan hampir seluruhnya hidup bergantung pada bantuan asing.

dan inilah yang kita tunggu-tunggu...
Spoiler for urutan pertamax!:
REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO $300 GDP per Kapita

pertempuran antara pemerintah dan pemberontak memaksa 250.000 orang meninggalkan rumah untuk mengungsi


Kamp di Kahe-Kichanga, Republik Demokratik Kongo

Kongo juga dikenal sebagai salah satu tempat terakhir di bumi yang memiliki suku kanibal. Seseorang dari suku Mbuti kerdil berkisah bahwa orang-orang mereka diburu dan dimakan seperti binatang oleh suku-suku tetangga. Memakan manusia adalah cara untuk bertahan hidup dalam kelaparan yang mempengaruhi sekitar 67% dari populasi. Kongo juga diyakini sebagai tempat terburuk di dunia untuk wanita, karena ia memiliki tingakat pemerkosaan paling tinggi dalam setahun. Warga setempat percaya bahwa “tidur” dengan seorang gadis perawan akan menyembuhkan AIDS.


nah ini untuk Negara kita tercinta gan
Spoiler for Urutan Indonesia:
Ternyata Indonesia nangkring di posisi 155 dari 227 negara yang terdaftar. Indonesia yang memiliki $4000 GDP per kapita masih berada jauh di bawah negara tetangga Singapura (rank 8 dengan $50.300), Malaysia (rank 77 dengan $14.800) dan Thailand diposisi 120. Namun posisi Indonesia masih sedikit lebih tinggi dibanding Filipina dan Vietnam

No comments:

Post a Comment