Saturday, July 31, 2010

Origami terumit

Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun.

Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.

Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi.

Adalah Satoshi Kamiya. Seorang Master Origami asal Jepang yang membuat karya - karya Origami yang sangat mengagumkan. Oleh karena karya - karyanya tersebut, Satoshi Kamiya disebut sebagai Master Origami dunia.

Berikut beberapa karya dari Satoshi Kamiya :

Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:


Spoiler for pic:
[


Spoiler for pic:


TAMBAHAN DR NARAZEETAK
Quote:
Originally Posted by narazeetak View Post
Jangan lupa kunjungi Festival Origami Margocity 2010 tanggal 13-28 Maret 2010.







No comments:

Post a Comment