Monday, June 28, 2010

Sensasi Aneh Dalam Tubuh Manusia

www.haxims.blospot.com

Orang mungkin sering mengalami hal-hal aneh dalam hidupnya. Tapi mungkin Anda tidak menyadari bahwa tubuh manusia pun sering mengalami kejadian dan sensasi yang aneh. Apa saja sensasi aneh dalam tubuh manusia?

Seperti dilansir dari Health24, Selasa (18/5/2010), berikut lima sensasi aneh yang terjadi pada tubuh manusia:

1. Mengapa 'cinta membuat kepala ingin selalu berada di lemari es'?

'Cinta adalah kimia', seperti dikutip dari karya musisi terkenal Lou Reed.

Pada dasarnya, pada saat Anda melakukan hubungan intim, maka otot akan lebih banyak bekerja. Tubuh akan membakar banyak energi dengan mengoksidasi gula darah. Setelah itu, gula darah menjadi rendah dan membuat Anda lapar. Hal ini yang memunculkan istilah 'cinta membuat kepala ingin selalu berada di lemari es'.

2. Mengapa perut menimbulkan suara?
Sistem digestivus atau pencernaan memiliki sistem persarafan sendiri yang disebut sistem saraf enterik. Sistem ini seluruhnya terletak di dinding usus, mulai dari esophagus dan memanjang sampai ke anus.

Sistem saraf enterik ini bersifat sangat penting terutama dalam mengatur fungsi pergerakan dan sekresi gastrointestinal.

Saraf-saraf sensorik dapat mengadakan reflek-reflek lokal di dalam dinding usus itu sendiri.

Bila Anda gugup atau terangsang, perut akan mengeluarkan suara-suara. Hal ini karena sistem saraf enterik memberitahu sistem pencernaan Anda untuk bertindak dan agresif, sehingga suara-suara pun muncul.

3. Mengapa orang menguap ketika sedang olahraga?

Orang sering menguap, terutama pada saat merasa lelah atau mengantuk. Tapi Anda juga bisa menguap pada saat atau setelah berolahraga.

Menguap adalah peregangan, dan peregangan mempersiapkan tubuh untuk bertindak. Manguap dapat meningkatkan denyut nadi, seperti halnya tekanan darah dan aliran darah ke otot dan bagian tubuh lainnya.

Menguap juga meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Inilah yang menyebabkan orang menguap pada saat dan setelah berolahraga.

Menguap juga bisa diartikan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Biasanya orang yang mengantuk saat sedang beraktivitas dan berolahraga akan menarik napas dalam-dalam atau minum banyak air, untuk menyuplai oksigen kembali dalam darah.

4. Mengapa anggota badan kesemutan?

Mungkin orang berpikir anggota tubuh akan kesemutan atau mati rasa karena kepala kekasih Anda sedang bersandar di lengan Anda. Tapi itu hanyalah pemikiran yang konyol.

Kesemutan atau parestesia adalah sensasi yang terjadi ketika saraf mengalami tekanan, sehingga aliran darah tidak mengalir dengan baik. Ketika tekanan dibebaskan, maka akan ada sensasi ketika tekanan darah kembali normal, inilah yang sering disebut kesemutan.

5. Mengapa serasa ada suara nyamuk dalam kepala?
Hal ini disebut tinnitus, istilah untuk beberapa kondisi yang menghasilkan serangkaian suara desah, dering atau jenis suara yang tampaknya berasal di telinga atau kepala.

Dalam banyak kasus itu bukan masalah serius, tetapi lebih merupakan gangguan yang akhirnya reda dengan sendirinya.

Ini bukan penyakit tunggal, tetapi merupakan gejala dari kondisi lain yang mendasari.

Salah satu penyebab paling umum dari tinnitus adalah kerusakan pada akhir mikroskopik dari saraf pendengaran di telinga dalam. Saat ini, paparan suara keras seperti senjata api dan musik intensitas tinggi sangat umum menyebabkan tinnitus, dan sering merusak pendengaran juga.

No comments:

Post a Comment