Sunday, January 10, 2010

Label Ponsel Berbahaya Seperti Rokok

Dibuat Label Ponsel Berbahaya Seperti Rokok - Beberapa studi menilai radiasi ponsel amat berbahaya bagi kesehatan manusia. Pemerintah kota San Francisco, Amerika Serikat pun berencana menempel label peringatan berapa level radiasi di seluruh ponsel yang beredar di sana.

Label Ponsel Berbahaya Seperti Rokok


Jika terlaksana, label tersebut kemungkinan bakal dipasang di kemasan ponsel, layaknya label pada bungkus rokok. Pengguna ponsel direkomendasikan memakai headset untuk menghindari paparan radiasi.

Proposal inisiatif itu diajukan Komisi Kebijakan Lingkungan dan telah meraih dukungan Walikota San Fransisco Gavin Newsom. Jika terlaksana, bukan tak mungkin peraturan akan makin ketat, misalnya vendor ponsel dilarang promosi di lingkungan sekolah terkait bahaya radiasi pada anak-anak.

Menurut komisi itu, beberapa studi ilmiah membuktikan radiasi ponsel dalam jangka panjang dapat menyebabkan tumor otak. Selain itu, pria yang rutin membawa ponsel di saku celana berisiko mengalami penurunan produksi sperma.

"Walikota Newsom percaya label radiasi di ponsel adalah upaya pengamanan konsumen. Dia yakin langkah ini akan membuat San Francisco jadi pemimpin di Amerika dalam mempromosikan label di ponsel," tukas juru bicara walikota seperti dilansir Sfexaminer dan dikutip detikINET, Kamis (17/12/2009).

Tak hanya di San Francisco, wilayah Maine juga tengah menggodok inisiatif serupa. Lembaga legislatif Maine mempertimbangkan peraturan label di ponsel yang memperingatkan agar anak dan ibu hamil menjauhi ponsel.

Sebenarnya, masih terdapat perdebatan apakah benar radiasi ponsel benar-benar membahayakan kesehatan. Sebuah studi terbaru di Denmark mengklaim, ponsel terbukti tidak menyebabkan kanker otak.

No comments:

Post a Comment