Friday, January 29, 2010

Makanan Makanan Pereda Stress

Anda sedang stress menghadapi persoalan di awal tahun? Daripada mengkonsumsi obat-obatan atau mengeluarkan banyak uang untuk terapi, lebih baik pilih makanan anti stress. Mau tahu apa? Bukan pizza atau ice cream memang, tapi tak kalah lezat kok!

Kacang Almond

Kacang lezat ini memiliki khasiat anti stress yang luar biasa. Dilengkapi vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng, almond memang oke. Vitamin B dan magnesium-nya membantu menenangkan dan mengendalikan mood. Zat seng-nya ampuh melawan stress dan vitamin E-nya kaya akan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas penyebab stress sekaligus melawan sakit jantung. Cukup konsumsi satu genggam tangan saja per harinya karena jika kelebihan, kandungan lemaknya sanggup menggemukkan.

Ikan

Hampir semua jenis ikan mengandung vitamin B lengkap, terutama B6 dan B12 yang paling penting bagi pereda stress. Lebih jauh, vitamin B12 adalah vitamin paling penting dalam menciptakan zat ‘kesenangan’ yang diproduksi otak. Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan depresi. Coba salad ikan tuna untuk makan siang atau makan malam Anda. Ikan kaleng dengan nasi hangat juga bisa dicoba!

Brokoli
Kenapa brokoli? Ternyata sayur yang satu ini memiliki folic acid (masih anggota vitamin B juga). Folic acid ini berfungsi meredakan stress, rasa panik, gelisah, bahkan depresi berat sekalipun. Direbus biasa atau diolah pasti enak. Tapi ingat, Anda harus mencucinya dulu dengan air garam agar ulat-ulat sayur yang biasa terselip di brokoli bisa copot.

Roti Gandum

Roti, nasi putih atau kue bisa mengenyangkan tapi setelah itu Anda bisa mengantuk dan bahkan menjadi gemuk jika kebanyakan. Tapi gandum punya efek lain, bisa mengenyangkan sekaligus pengendali stress dalam jangka waktu lama. Mau coba?

Sushi

Pecinta makanan Jepang yang satu ini boleh bangga karena ternyata manfaat sushi memang banyak. Rumput laut yang sering menjadi bahan campurannya ternyata punya khasiat mirip ikan yang juga ada dalam campuran sushi. Pantothenic acid yang terkandung di dalamnya penting bagi kelenjar adrenal yang bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan. Ke resto sushi yuk!

Susu

Sebelum mengkonsumsi, cari jenis susu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Intinya, minuman ini memiliki antioksidan yang menghancurkan radikal bebas pemicu stress. Bisa dikonsumsi pagi atau malam hari sebelum tidur. Yum!

Daging Sapi

Siapa bilang daging sapi hanya punya manfaat buruk bagi Anda? Daging walau mengandung lemak, tapi juga mengandung vitamin B, zat besi dan zat seng yang sangat kaya sehinga baik untuk Anda yang sedang stress. Intinya, jangan terlalu banyak dan jangan makan daerah yang penuh lemak dan awas, penyakit antraks.

Bluberry

Buah agak mewah ini masih mudah ditemukan, kok. Jika sulit, strawberry bisa menjadi penggantinya. Aktioksidan dan vitamin C-nya bisa langsung meng-KO stress. Buah yang terlihat menggiurkan ini juga rendah kalori sehingga bisa dimakan banyak tanpa takut gemuk. Belum lagi serat di dalamnya yang bisa mengatasi kram dan sembelit yang sering terjadi saat stress. Makan sebagai snack pasti nikmat.

No comments:

Post a Comment