Wednesday, January 27, 2010

Rekor Dunia Baru, Menyelam Dua Hari Lebih


Will Goodman saat menyelam

Perairan di pulau Lombok menjadi lokasi sekaligus saksi bisu atas keberhasilan seorang warga negara Inggris untuk memecahkan rekor dunia menyelam terlama, pada pekan lalu. Pengakuan dari sang pemecah rekor, menyelam selama lebih dari 2 hari, dengan tetap terjaga benar-benar satu siksaan fisik yang maha dahsyat.

Will Goodman, penyelam asal Inggris yang berhasil memecahkan rekor dunia menyelam terlama ini secara tepatnya menjalaninya dalam waktu 48 jam 9 menit dan 17 detik. Goodman mengalahkan rekor sebelumnya 48 jam 3 menit oleh Robert Silva di Belize, pada bulan September 2009 lalu, hanya terpaut enam menit lebih lama sudah menjadi satu rekor terlama dan terbuka menyelam di air asin.

Untuk memastikan dia berada pada kedalaman yang sama, Goodman tinggal di sebuah bingkai besi dengan makanan yang diasup dari tabung yang dibuat secara khusus. Tim pendukung hanya memantaunya dari atas permukaan air dan tetap mengisi pasokan udaranya saat dia membutuhkan.

Untuk bisa tetap terjaga yang dilakukan di kedalaman air laut, menonton film dari iPodnya. Tetapi hal ini diakuinya adalah siksaan fisik yang maha dahsyat. "24 jam pertama itu surga, sangat tenang dan meditasi, dengan ikan berenang di sekitar saya dan cahaya yang menerangi di atas permukaan.Tapi itu tidak bertahan lama dan setelah beberapa saat benar-benar mulai terluka. Rasanya seolah-olah kakiku sedang ditusuk, "katanya kepada The Sun.

Pada tahun sebelumnya pernah ada penyelam yang membuat dua rekor dunia tidak resmi. Pada tahun 2005, dengan lama 24 jam di bawah air dan kemudian 33 jam pada tahun 2008. Catatan baru Will Goodman disaksikan oleh saksi dan akan terdaftar di Guinness World.

No comments:

Post a Comment