Monday, July 12, 2010

kelok 9, jembatan dengan struktur berbelok pertama didunia

Pernahkah anda mendengar nama Kelok 9? Apa sech Kelok 9 itu? Kelok 9 adalah jalan lintas tengah sumatra, yang menghubungkan provinsi Riau (pada foto menunjukkan jalan yang mengarah ke atas) dengan provinsi Sumatra Barat (jalan yang arah ke bawah) dengan dana yang tidak tanggung-tanggung yaitu sebear Rp 256 miliar. Dana yang tersedia sekarang adalah Rp 130 milyar dan diharapkan kekurangan dana sebear Rp 126 miliar diupayakan disediakan pemerintah dari APBN 2010-2011.


Kelok 9 adanya di kabupaten limapuluh kota, dengan panjang sekitar 25 kilometer dari kota Payakumbuh ke arah Pekanbaru (Riau). Dinamakan kelok 9, karena jalan ini yang bentuknya berkelok-kelok dan mempunya kelokan sebanyak 9 kelokan. Kelok 9 ini menjadi salah satu tempat peristirahatan idaman para pemudik dari Riau menuju Sumbar terutama pengendara motor karena pemandangan nya yang indah disekitarnya. Dijadikan tempat pemberhentian karena disini para pemudik bisa mengenyangkan perut mereka yang sudah keroncongan selama perjalanan jauh karena akan terdapat warung-warung yang menjual makanan.


Dikarenakan setiap tahun menjelang lebaran jalan kelok 9 yang sempit ini selalu macet apalagi pemudik yang singgah turut menambah kemacetan, maka sejak 2003 diadakanlah megaproyek 5 tahunan pembangunan JEMBATAN KELOK 9. Namun proyek yang seharusnya selesai pada tahun 2009 ternyata masih belum selesai sampai sekarang dan baru di targetkan untuk selesai di tahun 2011. Penundaan ini mungkin dikarenakan kekurangan dana.


Selain berfungsi sebagai penghubung Sumatera Barat dengan Riau, jembatan Kelok Sembilan di KabupatenLimapuluh Kota, juga akan dibangun menjadi obyek tujuan wisata.

Foto-Foto Dibawah ini Adalah Foto Kelokan 9 yang skearng.

Sekarang aja sudah bagus ya apalagi nanti!! Mari yuk jual rumah kita terus pindah kesana aja. Mumpung harganya masih belum naik terlalu jauh kali ya Ada ga yang punya rumah dijual disana? Mungkin bisa diinformasikan harganya untuk para pembaca blog ini ya.




Ini pemandangan Kelok 9 sekarang Dari ATas



Ini pas lagi sepi





Inilah desain Kelokan 9 Yang Baru gan. Cantik khan.


Yang ini pas malam hari. Ga gitu kelihatan kecantikan nya ya (fotonya kecil sech)



Ini tanpa photoshop kali ya, warnya agak pucat.





Nah, ini nech kayaknya yang sudah di photoshop. hasilnya bagus ya.



Ini tahap pengerjaan proyek Kelokan 9 ini






No comments:

Post a Comment