Sunday, May 9, 2010

15 Burung Eksotis yang Terancam Punah

Burung selalu dikaitkan dan di simbolkan sebagai keindahan, kebebasan dan langit. Tapi, tampaknya kehadirannya telah dirantai dengan kejahatan seperti perubahan iklim, gangguan manusia, hilangnya habitat akibat pembukaan hutan untuk membuka lahan pertanian ilegal. Semua ini telah berkontribusi dalam menyeret banyak spesies burung yang indah dan langka di ambang kepunahan. Di sini saiia mempunyai daftar sekitar 15 jenis burung eksotis yang terancam punah yang berjuang untuk kelangsungan hidup.

1.The Takahe

Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

DiSelandia Baru tepatnya.Memiliki wajah merah cerah dan bulu biru dan hijau terang,burung yang hampir punah karenaperburuan, hilangnya habitat dan dimangsa predator.


2.Iiwi
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

Honeycreeper Hawaii ini dikenal untuk mengekstrak nektar dari bunga-bunga dari lobelioids Hawaii. Sebagian besar penurunan populasi burung ini di sebabkan karena hilangnya habitat,seperti hutan yg dibuka untuk pertanian, penggembalaan, dan pengembangan. Selain itu juga di sebabkan penyakit oleh nyamuk.


3.The green bee eater
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

Pemanasan global telah terbukti destruktif untuk planet kita. Pemakan lebah kecil hijau adalah salah satu korbannya.Burung ini diambang kepunahan karena kehilangan habitat, seperti penggundulan hutan yg menghancurkan hutan. Mereka bahkan tidak mampu beradaptasi dengan perubahan iklim.


4.The Seychelles Magpie Robin
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

burung langka dari granit Seychelles di Samudra Hindia memiliki bulu batubara-hitam glossy dengan bar berwarna putih pada setiap sayap. Meskipun dianggap sebagai spesies yang berumur panjang ,umur lebih dari 15 tahun,tapi mereka masih terancam punah karena predator dan rusaknya habitat.


5.The American bald eagle
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

Ditemukan di Amerika Utara,burung pemangsa ini adalah burung besar dengan tubuh coklat,berkepala dan ekor putih, iris kuning cerah, dan kaki taloned emas dan paruh tentunya. Elang laut ini hampir punah karena penipisan kulit telur disebabkan oleh penggunaan pestisida DDT, kehilangan luas habitat dan penembakan ilegal.


6.The Puaiohi
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Puaiohi adalah spesies langka dari keluarga burung kicau.Burung ini memiliki bulu tikus cute coklat dengan kaki berwarna merah muda.populasi The Puaiohi rentan terhadap kekeringan, angin topan, malaria unggas dan mamalia pemangsaan telur dan burung muda.


7.The Hawaiian Stilt
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Hawaiian Stilt adalah spesies burung yg terancam punah. Memiliki kaki panjang untuk mendukung penerbangannya, burung ini memakan lalat, ikan kecil, cacing, kepiting, serangga air,benih dan akar tanaman air.Alasan untuk penurunan spesies ini akibat perusakan habitat karena drainase daerah rawa dan lahan basah lainnya.


8.The little tern
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The little tern adalah burung laut yang ditemukan hampir di setiap garis pantai dunia. Pencemaran dan perusakan habitat bertanggung jawab atas penurunan populasi mereka.Ia memiliki dahi putih,kaki kuning dan paruh kuning tipis tajam dengan ujung hitam.


9.The Regent Honeyeater
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Regent Honeyeater adalah burung endemik langka di Australia.burung ini kuning dan hitam bertahan pada nektar dan serangga di dalam hutan kayu. Dalam beberapa dekade terakhir, populasi burung indah ini menurun secara dramatis akibat pembersihan hutan dan pertanian.Hal ini terdaftar sebagai yg terancam punah pada Endangered on the IUCN Red List and under both Australia’s Environment Protection and Biodiversity Conservation Act 1999 and Queensland’s Nature Conservation Act 1992.


10.The Micronesian kingfisher
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Micronesian kingfisher adalah salah satu spesies burung paling langka di dunia.Ini jenis pekakak dari the Pacific Islands of Guam,The Micronesian kingfisher adalah, Burung berukuran sedang berwarna cerah ini di nyatakan punah di alam liar, sementara ini hanya 58 kingfishers yang tertinggal di kebun binatang Amerika Serikat.


11.The Bali Starling(Jalak Bali)
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

Ditemukan pada tahun 1910,berasal dari pulau Bali di Indonesia.Urbanisasi pulau dan menjebak ilegal untuk perdagangan burung dalam sangkar adalah alasan burung ini untuk masuk ke dalam daftar spesies terancam punah.haxims.blogspot.com


12.The Mauritius fody
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Mauritius Fody,Foudia rubra, adalah burung umumnya ditemukan di pulau Mauritius.Dengan kurang dari hanya 250 dari mereka yang tersisa.Ancaman utama untuk specie menakjubkan ini adalah hilangnya habitat dan di mangsa predator.


13.The Chatham Petrel
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Chatham Petrel adalah burung burung laut berukuran sedang abu-abu. The Chatham Petrel endemik ke Kepulauan Chatham, Selandia Baru.Sekarang hanya 1.000 burung yang tersisa.Terancam oleh manusia,dimangsa mamalia seperti tikus dan kucing dan hilangnya habitat hutan.


14.The Gorgeted Puffleg
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

The Gorgeted Puffleg ditemukan di Kolombia. burung ini ditemukan tahun 2005, tetapi tidak di akui sampai 2007.Ukurannya antara 90 dan 100 milimeter, burung itu berada di bawah ancaman karna pertanian, terutama pertanian koka.


15.The Sidamo Lark
Spoiler for pic:
haxims.blogspot.com

No comments:

Post a Comment